Jurnal e-Komunikasi
Vol 2, No 1 (2014)

EFEKTIFITAS IKLAN TELEVISI TOKOBAGUS.COM VERSI “MAU JUAL MOBIL?” PADA MASYARAKAT SURABAYA

Hermawan, Nielsen Djuwandono ( Petra Christian University)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2014

Abstract

Iklan Tokobagus.com versi “Mau Jual Mobil?” merupakan iklan dari situs jual beli online yang memanfaatkan media komunikasi massa televisi sebagai media promosi perusahaan. Hal yang unik ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian berdasarkan teori efektifitas iklan. Iklan disebut efektif bila ia mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh pengiklan. Iklan yang efektif biasanya kreatif. Yakni, bisa membedakan dirinya dari iklan-iklan masa yang sedang-sedang saja; iklan yang tidak biasa dan berbeda. Direct Rating Method (DRM) digunakan untuk mengevaluasi kekuatan sebuah iklan dengan kemampuan iklan itu menarik perhatian, pemahaman, respon kognitif, respon afektif, dan sikap terhadap iklan. Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa iklan Tokobagus.com versi “Mau Jual Mobil?” ini termasuk iklan yang efektif.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...