Jurnal e-Komunikasi
Vol 1, No 2 (2013)

STRATEGI IMPRESSION MANAGEMENT PADA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR CALON MERTUA DAN CALON MENANTU DALAM MASA PENYESUAIAN SEBELUM PERNIKAHAN

Purnamasari, Dian ( Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2013

Abstract

Calon mertua dan calon menantu memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda, sehingga acapkali mengalami ketidakcocokan, dan melakukan impression management dalam komunikasi interpersonal pada masa penyesuaian sebelum pernikahan. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti strategi impression management pada komunikasi interpersonal antar calon mertua dan calon menantu dalam masa penyesuaian sebelum pernikahan yang tinggal dalam satu rumah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa calon mertua lebih banyak menggunakan strategi impression management ingratiation dengan taktik favor doing dan strategi intimidation. Sedangkan calon menantu lebih banyak menggunakan strategi impression management ingratiation dengan taktik self enhancement dan strategi self promotion.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...