Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan belajar Siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, berdasarkan teknik prosentase untuk membandingkan kedisiplinan belajar siswa dari pra siklus, siklus I, siklus II. Apabila hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar dan sudah mencapai indikator kinerja, maka penelitian tindakan ini dinyatakan telah berhasil dan dapat dihentikan. Dari perolehan data pra siklus, 8 siswa subjek penelitian memperoleh skor 92 dengan persentase 61% masuk dalam kategori cukup baik. Perbaikan pada siklus I memperoleh skor 103 dengan persentase 69% dengan kategori baik. Perbaikan pada siklus II memperolah skor 121 dengan persentase 81% masuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil observasi pada pra siklus, siswa memperoleh persentase 35% dengan kategori kurang baik. Setelah perbaikan siklus I siswa memperoleh persentase 48% dengan kategori cukup baik dan perbaikan siklus II memperolah persentase 68% dengan kategori baik.
Copyrights © 2019