Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas IX D SMP Negeri 2 Tungkal Ulu melalui penerapan strategi pembelajaran P3 (pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan kelas). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi atau arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran P3 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS tentang hubungan manusia dengan bumi siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Tungkal Ulu. Persentase kenaikan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal (KKM) antara lain: pada siklus I siswa yang menjawab senang dan sangat senang terhadap strategi yang digunakan guru sebanyak 20 siswa dengan prosentasi siswa yang mencapai diatas KKM 69%, dan pada siklus II siswa senang dan sangat senang terhadap strategi yang digunakan guru sebanyak 23 siswa dengan prosentasi nilai diatas KKM meningkat menjadi 79,3%. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran P3 dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2019