Keraton: Journal of History Education and Culture
Vol 1, No 2 (2019)

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH (PEMINATAN)

Rus Hartata (SMAN 1 Polokarto Kabupaten Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan Motivasi  belajar peserta didik dan prestasi belajar  Sejarah (Peminatan)  menggunakan Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Polokarto  semester Gasal  tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan dimulai Agustus 2019 sampai November 2019, di kelas XI IPS1 SMA Negeri  1 Polokarto. Subyek penelitian: peserta didik kelas XI IPS1. Jumlah peserta didik 32. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Alat pengumpul data berupa butir-butir soal tes tertulis dan lembar Observasi aktivitas  belajar peserta didik yang dilakukan kolaborator. Hasil  penelitian : Kondisi awal ke siklus 2 terjadi peningkatan motivasi  belajar peserta didik dari ke-empat aspek yang dinilai yaitu : Aspek kehadiran tetap 100%, aspek interaksi dengan guru  meningkat dari 15,63% menjadi 93,75%, aspek antusias dalam kelompok meningkat dari 0% menjadi 66,27%, sedangkan aspek  tanggung jawab dalam pembelajaran meningkat dari 15,63% menjadi 93,75%. Pada nilai prestasi dari kondisi awal ke siklus 2 meningkat dari nilai rerata  58,91  menjadi 80,16. Nilai tertinggi naik dari 75 menjadi 95, nilai terendah naik dari 45 menjadi 65 dan ketuntasan belajar meningkat dari 31,25% menjadi 90,63%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

keraton

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Keraton: Journal of History Education and Culture Is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas or innovative work in the field of science and history education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the ...