Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
Vol 2, No 1 (2019): June

PENGARUH MODEL ACTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA PROYEK UNIVA MEDAN

Muhammad Rafi'i Ma’arif Tarigan (Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang)
Dian Ari Purnama (Alumni Pendidikan Biologi UISU Medan)
Masnadi Munir (Dosen PNS DPK Kopertis Wilayah I Sumatera Utara)
Edi Azwar (Dosen PNS DPK Kopertis Wilayah I Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Active Debate terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di Madrasah Aliyah Proyek UNIVA Medan. Penelitian ini dilaksanakan 30 April sampai 21 Juni 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas X Madrasah Aliyah Swasta Proyek UNIVA Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 34 orang dan populasi dijadikan sampel keseluruhan (total sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post- test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Active Debate diperoleh nilai yang tuntas adalah sebanyak 23 orang (67,6%) dan yang tidak tuntas sebanyak 11 orang (32,3%) dengan nilai rata-rata 72,38 dan standart deviasi 15,38. Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,1122 < 0,1519 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,29 < 2,88 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 11,76 > 1,64 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Active Debate terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Proyek UNIVA Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Copyrights © 2019