JTMO
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Teknik Mesin dan Otomotif

PENAMBAHAN REAKTOR HIDROGEN TERHADAP TORSI DAN EMISI GAS BUANG MESIN 1TR-FE 2.0L

Reinaldi Teguh Setyawan (Politeknik Baja Tegal)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Perkembangan teknologi motor bakar saat ini sangatlah berkembang pesat, seiring pesatnya teknologi tersebut maka penggunaan bahan bakar minyak pasti akan bertambah pula penggunaannya. Hal ini membuat eksploitasi minyak bumi semakin massif dan akan mengancam kehidupan mahluk hidup maupun lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan reaktor hydrogen di kendaraan, rata – rata konsumsi bahan bakar, torsi dan emisi kendaraan. Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: bahan bakar dengan nilai oktan 92, mesin 1TR-FE 2.0L tahun 2005 dan Gaz Analizer. Untuk memperoleh gas hydrogen dalam penelitian ini menggunakan proses elektrolisasi dari tabung kecil sebagai anoda-katoda. Untuk sumber tegangan arus pada reaktor sebesar 12 volt. Setelah proses elektrolisasi terjadi selanjutnya gas hydrogen akan dimasukan ke dalam ruang bakar melalui intake manifold dan intake port injeksi. Dari hasil pengujian didapat selisih emisi gas buang menggunakan reaktor hydrogen untuk HC 83 ppm dan CO 4,3% konsumsi bahan bakar mampu 1:11,1 liter lebih irit dibanding tanpa reaktor hydrogen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtmo

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Mechanical Engineering

Description

JTMO adalah Jurnal Ilmiah Teknik Mesin dan Otomotif yang terkait dengan bidang teknik mesin otomotif atau bidang lain yang digunakan untuk mendukung kegiatan usaha, pendidikan, pelatihan, keselamatan dan penelitian dalam bidang teknik mesin otomotif dalam bentuk karya ...