Kepuasan pelanggan dapat dijadikan sebagai acuan seberapa mampu perusahaan memenuhi nilaiharapan pelanggan. Pelanggan yang benar-benar setia terhadap produk barang/jasa akan sangatpotensial memperngaruhi perilakunya sehingga dapat memicu repeat order dan juga word-of-mouthadvertisers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadappelayanan Astra Motor Yogyakarta bagian pemasaran H1 (Penjualan). Selain itu juga inginmengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara tiap variabel demografi pelangganterhadap tingkat kepuasan yang diberikan. Total responden yang diamati menggunakan tele surveiyaitu sebanyak 414 pelanggan. Hasil analisis faktor konfirmatori diperoleh keputusan bahwa 5dimensi pelayanan yang terdiri dari tangible, responsiveness, assurance, empathy, dan reliabilitytelah valid untuk mewakili 16 indikator pertanyaan. Menggunakan metode normalisasi min-maksdiperoleh hasil bahwa seluruh responden merasa puas terhadap 5 dimensi kualitas pelayanan.Kemudian hasil pengujian Kruskal Wallis diperoleh keputusan terdapat perbedaan kelompok kota,provinsi, jenis pekerjaan, dan tingkat pendapatan responden dengan tingkat kepuasan yangdiberikan terhadap 5 dimensi kualitas pelayanan Astra Motor Yogyakarta bagian pemasaran H1.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018