Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 01 (2020): Agustus

Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III

Sasi Mardikarini (2Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan)
Laila Candra Kartika Putri (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui perkembangan sikap disiplin siswa melalui penetapan indikator perilaku disiplin siswa di sekolah, dan 3) untuk mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan sikap disiplin siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yaitu guru kelas, kepala sekolah dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terlihat bahwa, 1). Perkembangan sikap disiplin siswa dilihat dari indikator disiplin siswa di kelas III SD Negeri 2 Sriti menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Hasil kegiatan tersebut menunjukkan perubahan yang cukup signifikan dan terlihat perkembangan dalam kedisiplinan siswa. 2) Faktor- faktor yang mempengaruhi perkembangan disiplin siswa di Kelas III SD Negeri 2 Sriti terdiri dari yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa, seperti guru kelas mereka, pihak sekolah, orang tua siswa, maupun teman- teman sekelas dan lingkungan sekitar mereka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...