Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 01 (2020): Agustus

Model Pendampingan Belajar Pada Anak Keluarga TKW Di SD Negeri Wanacala 02 Brebes

Moh Toharudin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Ahlul Rukyat (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pendampingan belajar anak keluarga TKW, dan metode orang tua dalam pengasuhan belajar anak pada keluarga TKW. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi berperan serta pasif dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di SD Negeri Wanacala 02 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Orang tua. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Jumlah siswa yang orang tuanya pergi keluar negeri sebagai TKW sebanyak 10 siswa dari kelas 4 sampai kelas 6 di SD Negeri Wanacala 02; pendampingan belajar anak pada keluarga TKW dapat dilihat dari kendala dalam proses pendampingan dan dampak yang ditimbulkan terkait pendampingan belajar anak seperti latar belakang keluarga. Secara umum, permasalahan yang muncul dalam pendampingan belajar anak ialah penyesuaian diri dari pihak pengasuh maupun anak serta dampak pengasuhan yang dilakukan oleh pihak pengasuh yaitu anak yang diasuh oleh bapak kandungnya ketika Ibu bekerja sebagai TKW lebih memilih mendampingi dengan otoritatif, dan anak yang diasuh oleh Kakek atau Neneknya ketika Ibu kandungnya bekerja sebagai TKW lebih memilih mendampingi belajar dengan cara permisif dan anak yang diasuh oleh tantenya memilih metode moderat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...