Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan
Vol 9, No 3 (2018): Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan

HUBUNGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA NERS TAHAP AKADEMIK

Helsy Desvitasari (STIK Siti Khadijah Palembang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2018

Abstract

Latar belakang: Gaya belajar mahasiswa ners merupakan suatu kekhasan tersendiri yang dimiliki oleh mahasiswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan dan mengasah sikap.Gaya belajar yang diimplementasikan berperan penting dalam menentukan hasil belajar khususnya dalam mata ajar manajemen keperawatan. Tujuan: Untuk mengetahui gaya belajar, hasil belajar mahasiswa ners tahap akademik dan  mengetahui hubungan gaya belajar dan hasil belajar mahasiswa tahap akademik. Metode: Metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ners tahap akademik semester enam yang berjumlah 65 orang mahasiswa. Peneliti menetapkan sample dengan tehnik total sampling. Hasil: Menunjukkan gaya belajar mahasiswa ners sebagian besar gaya belajar visual 38 mahasiswa 59( %), Hasil belajar 48 mahasiswa (74%) sangat baik, Hasil Belajar mahasiswa dengan gaya belajar visual 26 mahasiswa (68%) hasil belajar sangat baik, Hasil Belajar mahasiswa dengan gaya belajar Auditorial 7 mahasiswa (70%) hasil belajar sangat baik, Hasil Belajar mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik 12 mahasiswa (71%) hasil belajar sangat baik. Analisa data menggunakan uji statistic Chi Square dengan nilai p 0,04<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa pada mata mata ajar manajemen keperawatan. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar gaya belajar visual, dan  prestasi belajar sangat baik, terdapat hubungan  gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa ners tahap akademik. Kata kunci : Gaya Belajar, Hasil Belajar, Mahasiswa Ners Tahap Akademik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Kep

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Babul Ilmi Merupakan Jurnal Ilimiah Multi Science Kesehatan dengan ISSN Cetak: 2087-8362 dan ISSN Online 2622-6200, dimana Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada setiap bulan Juni dan Desember. Bidang Publikasi jurnal ini Multi Science Kesehatan yang dikelolan dan diterbitkan Oleh LPPM ...