Latar belakang: Gaya belajar mahasiswa ners merupakan suatu kekhasan tersendiri yang dimiliki oleh mahasiswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan dan mengasah sikap.Gaya belajar yang diimplementasikan berperan penting dalam menentukan hasil belajar khususnya dalam mata ajar manajemen keperawatan. Tujuan: Untuk mengetahui gaya belajar, hasil belajar mahasiswa ners tahap akademik dan mengetahui hubungan gaya belajar dan hasil belajar mahasiswa tahap akademik. Metode: Metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ners tahap akademik semester enam yang berjumlah 65 orang mahasiswa. Peneliti menetapkan sample dengan tehnik total sampling. Hasil: Menunjukkan gaya belajar mahasiswa ners sebagian besar gaya belajar visual 38 mahasiswa 59( %), Hasil belajar 48 mahasiswa (74%) sangat baik, Hasil Belajar mahasiswa dengan gaya belajar visual 26 mahasiswa (68%) hasil belajar sangat baik, Hasil Belajar mahasiswa dengan gaya belajar Auditorial 7 mahasiswa (70%) hasil belajar sangat baik, Hasil Belajar mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik 12 mahasiswa (71%) hasil belajar sangat baik. Analisa data menggunakan uji statistic Chi Square dengan nilai p 0,04<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa pada mata mata ajar manajemen keperawatan. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar gaya belajar visual, dan prestasi belajar sangat baik, terdapat hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa ners tahap akademik. Kata kunci : Gaya Belajar, Hasil Belajar, Mahasiswa Ners Tahap Akademik.
Copyrights © 2018