Latar Belakang: Setiap individu memiliki kebutuhan dasar yang tersusun secara hirarki. Pemenuhan kebutuhan dasar bagi siswa dalam pendidikan merupakan pendorong atau motivasi siswa dalam belajar. Secara ideal, dalam rangka pencapaian perkembangan diri siswa, sekolah seyogyanya menyediakan dan memenuhi berbagai kebutuhan siswanya. Tujuan: menganalisis hubungan Pemenuhan kebutuhan dasar berdasarkan hirarki maslow dengan motivasi belajar siswa SMA. Metode: penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel siswa SMA berjumlah 71 siswa yang dilaksanakan 12 Pebruari – 31 Juli 2018. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan quisioner 5 tingkatan kebutuhan Maslow. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariate menggunakan uji statistik “chi square. Hasil: Menunjukkan Pemenuhan kebutuhan fisiologi kategori tidak baik sebanyak 63,4%, Kebutuhan Rasa aman dan nyaman kategori baik 62,0%, Kebutuhan kasih sayang dan memiliki kategori baik 74,6%, Pemenuhan kebutuhan harga diri kategori tidak baik 62,0%, Pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri kategori tidak baik 54,9% dan Motivasi belajar siswa kategori tinggi 63,4%. Ada hubungan antara pemenuhan kebutuhan rasa aman dan nyaman dengan motivasi belajar siswa SMA ( p value 0,001) dan tidak ada hubungan antara pemenuhan kebutuhan fisiologis ( p value 0,128), kebutuhan kasih sayang dan memiliki ( p value 0,080), pemenuhan kebutuhan harga diri ( p value 1,000), pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri ( p value 0,378) dengan motivasi belajar siswa SMA Kesimpulan: Pemenuhan kebutuhan rasa aman dan nyaman berhubungan dengan motivasi belajar siswa, sementara kebutuhan lainnya tidak berhubungan. Kata Kunci : Kebutuhan Dasar, Maslow, Motivasi Belajar
Copyrights © 2018