Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan peran SD Negeri 3 Rambutan sebagai salah satu sekolah proyek percontohan pendamping Kurikulum 2013. Penelitian ini berfokus pada bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah dan kinerja guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif dengan metode kualitatif, hasil yang diperoleh adalah kepemimpinan yang baik yang dilakukan secara demokratis dan kinerja guru yang profesional, ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai dapat menerapkan kurikulum 2013 dengan baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang baik dan kinerja guru yang profesional dapat mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan efektifitas tinggi. Implementasi kurikulum 2013 sangat tergantung dari kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru dan sarana prasarana yang memadai. Untuk menjalankan program ini, penulis memberikan saran: 1)Kepemimpinan Kepala sekolah dilaksanakan sesuai situasional dan transformasional; 2) guru harus memiliki kompetensi dan profesionalitas; 3) Pelaksanaan kurikulum 2013 hendaknya disiapkan secara matang sehubungan dengan pola pikir guru, buku teks guru , buku teks siswa dan administrasi penilaian yang lengkap untuk melaksanakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik; 4)Jumlah rombongan belajar harus ideal ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai supaya tercapai target dan efektifitas kurikulum 2013.
Copyrights © 2018