FOUNDASIA
Vol. 1 No. 9 (2008)

PENDEKATAN FENOMENOLOGIS TERHADAP KOMPONEN PENDIDIKAN

PRIYOYUWONO, PETRUS (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2008

Abstract

Secara agregat ada tiga pendekatan terhadap pendidikan yaitu pendekatan secara ilmiah (keilmu-alaman), filsafati (abstrak-spekulatif) dan fenomenologis (praktis = normatif). Fenomenologi sebagai metode menurut Husserl dibagi dua tahap (1) reduksi fenomenologis (fenomena tentang pendidikan akan tampak setelah segala yang bersifat subyektif individual­ insidental disaring dengan tuntas, (2) reduksi ciditis = rneningkatkan hasil pengamatan fenomena sampai pada esensinya). Aplikasi metode fenomenologi pada pendidikan nampak pada proses membaca apa yang tampil dalam pendidikan atau membaca situasi pendidikan dengan jalan mengamati secara tajam.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...