Jurnal Ilmiah Didaktika : Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran
Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Didaktika Agustus 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V

Sri Agustina (Unknown)
Arifin Muslim (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sony Irianto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media gambar pada materi penyajian data. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 4 Teluk yang terdiri dari 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat pengumpulan data yaitu tes, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa serta lembar obervasi hasil belajar ranah psikomotor siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantun media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada materi penyajian data kelas V B SDN 4 Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Didaktika is a nationally and internationally peer reviewed general education journal open for teachers, educators and education researchers from the field of general education and related researches. We welcome all contributions that enhance and illuminate the discussion on education. ...