PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini (Journal of Primary and Early Childhood Education Studies
Vol. 1 No. 2 (2018): Primearly

VARIASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Ubabuddin (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
15 May 2020

Abstract

Pendidikan bagian integral dari kehidupan masyarakat di era global harus bisa memberikan dan memfasilitasi bagi tumbuh dan berkembangnya intelektual, sosial, dan personal. Pendidikan harus bisa menumbuhkan berbagai potensi yang ada dalam diri siswa, keterampilan intelektual, sosial dan personal, tidak hanya dengan landasan rasio dan logika saja, tetapi juga inspirasi, kreativitas, moral, emosi dan juga spiritualnya. Salah satu tujuan pendidikan adalah membentuk diri yang agamis dan berakar pada hati nurani, sikap yang agamis akan memisahkan anak dari kebiasaan atau perilaku buruk dan sifat-sifat negatif. Akan tetapi tujuan pendidikan akan sulit tercapai manakala dalam proses pembelajaran kurang memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan. Pemakaian metode yang tepat sangat membantu terhadap keberhasilan materi yang disampaikan, oleh karena itu metode harus dipilih sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Karena tidak ada sebuah metode yang paling baik untuk semua materi, maka pemakaian metode harus disesuaikan dengan materi masing-masing

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

prymerly

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Basic Education and Early Childhood Studies (E-ISSN: 2657-2141, P-ISSN: 2580-9185) is a scientific periodical managed by the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Islamic Institute. The scope of the PrimEarly journal is that this journal contains ...