Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyak dilaksanakan disetiap jenjang sekolah. Dalam kegiatan kepramukaan siswa dididik dan dibina untuk memiliki kepribadian, berwatak baik, memiliki budi pekerti yang luhur, beriman dan bertaqwa serta memiliki tanggung jawab yang tinggi. Pendidikan kepramukaan sangat mendukung terhadap tujuan pendidikan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Kendati demikian, walaupun kegiatan pramuka merupakan kegiatan yang banyak dilaksanakan di setiap jenjang sekolah baik dasar, menengah maupun perguruan tinggi dan mempunyai banyak manfaat bagi anggotanya, tetapi kepedulian dan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka masih rendah. Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa di SMP Negeri 3 Karangtengah Cianjur? Adapun tujuan pada pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa di SMP Negeri 3 Karangtengah Cianjur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda deskriptif dengan teknik angket, observasi, dan wawancara. Hal ini dilakukan karena dibutuhkan hasil penelitian yang sistematis, faktual dan akurat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pramuka di SMP Negeri 3 Karangtengah tahun pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 39 siswa. Jumlah sampel diambil keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 39 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler pramuka mempunyai pengaruh positif bagi siswa yaitu untuk meningkatkan tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian. Salah satu kegiatan yang ada dalamĀ  kegiatan kepramukaan adalah kegiatan penjelajahan, siswa mengikuti kegiatan penjelajahan dengan tujuan yang berbeda-beda yaitu untuk melatih sikap, melatih kemandirian, melatih tanggung jawab dan kedisiplinan. Kegiatan penjelajahan berpengaruh terhadap rasa tanggung jawab siswa yang direalisasikan dengan selalu berani mengakui kesalahan sendiri, selain dilatih untuk bertanggung jawab, dalam kegiatan penjelajahan juga ditanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang direalisasikan dengan selalu mengatur waktu dengan baik dan selalu mengerjakan tugas sendiri. Dalam kegiatan kepramukaan dilaksanakan kegiatan perkemahan. Melalui kegiatan perkemahan siswa ditanamkan untuk memiliki rasa tanggung jawab, hal ini direalisasikan siswa dengan selalu mengerjakan tugas dengan baik. Selain memiliki rasa tanggung jawab, dalam kegiatan perkemahan siswa ditanamkan untuk disiplin dan mandiri, hal ini direalisasikan oleh siswa dengan cara selalu mengatur waktu degan baik dan percaya pada kemampuan diri sendiri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021