JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 CILAKU CIANJUR

dianita rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Pendidikan merupakan wahana dalam meningkatkan taraf hidup manusia. Hal ini sangat penting terhadap kemajuan bangsa dan negara. Dalam pendidikan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah kepiawaian guru dalam memberikan pengajaran. Artinya guru dituntut untuk dapat merekayasa cara penyampaian materi pembelajaran, karena pada kenyataannya siswa merasa kurang tertarik dalam pembelajaran apabila kepiawaian guru dalam memberikan materi kurang kreatif. Maka timbul sebuah kekhwatiran akan terjadinya hal tersebut terhadap peningkatan minat belajar siswa. Berdasarkan hal itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 CILAKU CIANJUR”. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, serta teknik penelitian yang dipakai yaitu angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 139 siswa kelas XI IPS dan 3 orang guru PPKn. Sampel siswa diambil 25% dari populasi yakni 34 siswa secara random. Sampel guru diambil 1 guru dari 3 guru PPKn yakni guru PPKn kelas XI IPS. Dari hasil penelitian berdasarkan pengumpulan data, penafsiran data, serta pengolahan data maka kesimpulan penulis yaitu metode Role Playing juga dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selain dapat meningkatkan minat belajar siswa, metode Role Playing mampu membuat siswa merasa senang dan aktif dalam pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...