JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DISMP BUDI LUHUR CUGENANG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)

niki juhermawanti (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Kegitan pembelajaran di sekolah secara umum masih terlihat monoton, tidak ada hal-hal baru yang disesuaikan agar tidak membuat siswa jenuh dan bosan. Pada awal pembelajaran siswa tidak termotivasi untuk belajar dan akhirnya berimbas pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Salah satu alternatif permasalahan itu yaitu dengan penerapan pola pembelajaran kooperatif. Pola pembelajaran kooperatif adalah kegiatan mengajar yang dapat mempengaruhi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran didukung oleh pendekatan strategi, metode, gaya dan teknik serta prosedurnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat peningkatkan hasil belajar PKn siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatkan hasil belajar PKn siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif. Kegunanan penelitian ini adalah dapat dijadikan gambaran tentang keberhasilan memotivasi siswa agar lebih giat belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga siklus dengan tahapan siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek ini terhadap siswa SMP Budi Luhur Cugenang Cianjur sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan non tes, instrumen tes berupa tes siklus I, II, dan III, sedangkan instrument non tes berupa uraian yaitu tes siklus, skala sikap,wawancara, catatan harian siswa dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian A.  Menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya rata-rata nilai dan daya serap klasikal dari tiap siklus pembelajaran. B.  Analisis lembar observasi menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berpengaruh positif terhadap aktivitas siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil ini terlihat dari lembar observasi siswa yang diisi oleh observer. C.  Analisis hasil angket menunjukkan bahwa siswa merespon positif. Hal ini terlihat dari hasil analisis respon siswa pada skala sikap. D.  Terdapat peningkatkan hasil belajar PKn siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif di SMP Budi Luhur Cugenang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...