JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMA PASUNDAN 1 CIANJUR

kania kania (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Guru mempunyai peranan penting dalam menentukan berhasilnya tujuan pembelajaran di sekolah. Segala tindakan yang dilakukan oleh seorang guru akan mempunyai pengaruh terhadap siswa. Seorang guru harus bisa menciptakan suasan nyaman dalam belajar, salah satunya dengan pemilihan metode pembelajaran agar siswa lebih aktif, kreatif dan termotivasi. Melalui metode diskusi siswa dituntut untuk memiliki kemampuan mengemukakan pendapat pada masalah-masalah yang diskusikan sehingga terdapat kesimpulan yang diinginkan dan tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan dari dalam diri siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah yang akan diteliti yaitu bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran diskusi terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn di SMA Pasundan 1 Cianjur?. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran diskusi terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn kelas XI di SMA Pasundan 1 Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, adapun teknik penelitian yang digunakan yaitu menggunakan angket, observasi, wawancara dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa: Metode pembelajaran diskusi memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn di kelas XI, hal ini terlihat dari sangat antusiasnya siswa dengan penggunaan metode diskusi yang diterapkan oleh guru, siswa menjadi lebih berpikir kritis, aktif, kreatif dalam mengemukakan pendapat dan membuat suasana kelas menjadi semakin hidup sehingga siswa tidak bosan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...