JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

PEGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 CIANJUR

Rena Sopyana (SMP Negeri 3 Cianjur)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik apabila didukung oleh kegiatan pembelajaran yang efektif, kegiatan pembelajaran tersebut tentu tidak lepas dari cara siswa memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan guru, minat belajar merupakan salah satu faktor penunjang siswa dalam kegiatan pembelajaran karena dengan minat belajar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 3 Cianjur. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh positif dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 3 Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, dengan teknik yang dipakai adalah angket, observasi, dan wawancara. Populasi yang dijadikan subjek dalam penelitian yaitu seluruh murid kelas VIII SMP Negeri 3 Cianjur berjumlah 270 orang siswa, serta sampel sejumlah 20%  yaitu 45 orang.Dari hasil penelitian di SMP Negeri 3 Cianjur diperoleh temuan bahwa minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, khususnya dalam peningkatan nilai ulangan harian, nilai ulangan tengah semester dan nilai ulangan akhir semester.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...