Penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IA1¬ SMA Negeri 9 Banda Aceh Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Pada Materi Larutan Penyangga†ini mengangkat masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian terdiri dari tempat, waktu penelitian dan siklus PTK, yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas XI IA1 yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match tersebut dilakukan observasi terhadap keaktifan siswa dan respon siswa dari angket. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa mencapai katagori baik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Dari tes evaluasi awal diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 40,03 dan ketuntasan kelas 0 %, pada hasil ulangan harian siklus pertama nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu 67,70 dan ketuntasan kelas 50,0 %, pada siklus kedua nilai rata-rata kelas 87,70 dan ketuntasan kelas 93,33 %. Dari hasil angket tanggapan siswa diperoleh 86,11 % siswa yang memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa dan respon siswa sangat baik
Copyrights © 2020