Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK)
Vol 2, No 2 (2020): JKK

Upaya Peningkatan Profesional Guru SEkolah Dasar melalui Pendampingan Penulisan Soal Hots SD

Najli, Najli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai kinerja guru dalam menyusun soal HOTS di sekolah-sekolah SD binaan penulis di Kota Banda Aceh. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah masing-masing 1 orang guru pada 6 sekolah binaan akademik di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian didapatkan bahwa kinerja guru dalam menyusun soal HOTS melalui pendampingan pengawas termasuk dalam kategori sangat baik dan tuntas. Hal ini dapat dilihat dari hasil perkembangan perolehan skor rata-rata pada siklus I dan siklus II kemampuan guru secara kuantitatif mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari katagori Cukup (C) menjadi Sangat Baik (A) setelah melalui pendampingan. Hal ini berarti bahwa kinerja guru dalam menyusun soal HOTS dapat ditingkatkan melalui pendampingan pengawas. Artinya, kinerja yang ditunjukan oleh para Guru di 6 Sekolah SD binaan penulis sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Kinerja Kependidikan (JKK) will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal ...