Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK)
Vol 2, No 2 (2020): JKK

Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar

Karmiati, Karmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian yang berjudul “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IA1 SMA Negeri 9 Banda Aceh Melalui Penerapan Model Pembelajaran CLIS pada Mata Materi Limit Fungsi Aljabar” ini mengangkat masalah apakah melalui penerapan model CLIS dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi larutan asam basa, serta bagaimanakah tanggapan siswa terhadap penerapan model CLIS. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa terhadap penerapan model CLIS pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian terdiri dari tempat, waktu penelitian dan siklus PTK, yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas XI IA1 yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model CLIS tersebut dilakukan observasi terhadap aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa dari angket. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap keaktivan belajar siswa mencapai katagori baik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Dari tes evaluasi awal diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 52,03 dan ketuntasan kelas 0 %, pada hasil ulangan harian siklus pertama nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu 72,96 dan ketuntasan kelas 60,0 %, pada siklus kedua nilai rata-rata kelas 85,20 dan ketuntasan kelas 96,67 %. Dari hasil angket tanggapan siswa diperoleh 92,58% siswa yang memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran CLIS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS pada materi limit fungsi aljabar di kelas XI IA1 SMA Negeri 9 Banda Aceh dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan tanggapan siswa sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Kinerja Kependidikan (JKK) will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal ...