Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK)
Vol 2, No 1 (2020): JKK

Pelaksanaan Pendampingan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Dalam Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Melalui MGMP Sekolah Binaan

Amiruddin, Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2020

Abstract

Judul Penelitian Pelaksanaan Pendampingan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok dalam Penyusunan RPP Kurikulum 2013 melalui MGMP Sekolah Binaan Semester Gasal Tahun 2017/2018 di Kota Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai kinerja guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah SMP binaan penulis di Kota Banda Aceh. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 5 orang guru pada 3 sekolah binaan akademik di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian didapatkan bahwa kinerja guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 melalui pendampingan pengawas dengan menggunakan metode diskusi kelompok termasuk dalam kategori sangat baik dan tuntas. Hal ini dapat dilihat dari hasil perkembangan perolehan skor rata-rata pada siklus I dan siklus II kemampuan guru secara kuantitatif mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari katagori Cukup (C) menjadi Sangat Baik (A) setelah melalui pendampingan. Hal ini berarti bahwa kinerja guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dapat ditingkatkan melalui pendampingan pengawas dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Artinya, kinerja yang ditunjukan oleh para Guru di 5 Sekolah SMP binaan penulis sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Kinerja Kependidikan (JKK) will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal ...