Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK)
Vol 1, No 1 (2019): JKK

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Komposisi Fungsi dan Invers

Zahara, Zahara (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2019

Abstract

Oleh sebab itu untuk mendapat gamabaran hasil penelitian yang jelas maka perludirumuskan judulnya sebagai berikut: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 7 Banda Aceh malalui penerapan model discovery learning pada materi komposisi fungsi dan invers. Bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 7 Banda Aceh malalui penerapan model discovery learning pada materi komposisi fungsi dan invers serta bagaimana tanggapan siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 7 Banda Aceh terhadap penerapan model discovery learning pada materi komposisi fungsi dan invers. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas X IPA1 SMA Negeri 7 Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 28 orang dan guru/teman sejawat yang merupakan guru kolaborasi dalam melaksanakan kegiatan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 7 Banda Aceh pada materi komposisi fungsi dan invers. Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 7 Banda Aceh pada materi komposisi fungsi dan invers. Serta Tanggapan siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 7 Banda Aceh sangat baik terhadap penerapan model discovery learning pada materi komposisi fungsi dan invers. Di samping itu penerapan model discovery learning dapat juga meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa dalam materi materi komposisi fungsi dan invers. Oleh sebab itu berdasarkan respon siswa dapat diketahui bahwa model discovery learning juga meningkatkan suasana belajar lebih menyenangkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Kinerja Kependidikan (JKK) will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal ...