Belajar adalah suatu proses yang dilakukan baik secara sengaja atau tidak, dengantujuan untuk memperoleh perubahan, baik dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupunafektif. Belajar sebagai suatu proses yang dilakukan dengan sengaja adalah proses yangdilakukan secara sistematis, dengan tujuan tertentu yang hendak dicapai. Ketercapaian tujuanbelajar menjadi salah satu indikator keberhasil proses belajar yang dilakukan. Belajar dalamkonteks ini dilakukan di lembaga-lembaga pendidikan formal, dari tingkat SD hinggaperguruan tinggi. Dan isu mengenai ketercapaian tujuan belajar di lembaga-lembagapendidikan tersebut akan selalu menjadi tema yang menarik untuk dipelajari. Sekolah tidakhanya berisikan siswa yang menjadi konsumen utama proses belajar, tapi juga terdapatkomponen-komponen lain yang saling terhubung dan membentuk sebuah sistem. Bertanyatentang ketercapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan juga berarti mempelajari tentangbagaimana komponen selain siswa dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tulisansingkat ini mencoba memberikan sebuah elaborasi mengenai konsep efektivitas lembagapendidikan dan pendekatan alternatif yang dapat digunakan untuk mempelajari efektivitastersebut. Efektivitas akan dipotret dari seluruh komponen yang ada di sebuah sekolah, danpendekatan penelitian efektivitas yang ditawarkan mengkombinasikan antara berbagai konseppenelitian efektivitas yang tersedia.Kata kunci: Efektivitas Pendidikan, Penelitian Efektivitas.
Copyrights © 2018