Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol 8, No 2 (2020): Oktober

Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Keliling dan Luas Bangun Datar di SDN 01 Terong Tawah

M Zainal Mustamiin (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep dalam mata pelajaran matematika merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan yang memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Salah satu pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran problem based learning. Tujuan yang ingin di capai di dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dianalisis dengan rumus persentase pada hasil belajar dan aktivitas diukur dengan dengan rumus skor aktivitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata aktivitas siswa untuk pertemuan I sebesar 68,23 % yang tergolong cukup aktif dan pertemuan II adalah 70,63 % tergolong kategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa untuk pertemuan I adalah 74,86 % yang tergolong aktif dan pada pertemuan II adalah 79,20 % juga tergolong aktif. Untuk nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 71,45 dengan persentase ketuntasan belajar 64 % dan pada siklus II nilai rata-rata ketuntasan belajarnya adalah 81,29 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 88 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN 01 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Dengan model pembelajaran problem based learning aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Kata kunci: hasil belajar, problem based learning 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...