Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol 1, No 1 (2016): April

STUDI LITERATUR ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN STRUKTUR PSIKIS ANAK DAN KONTRIBUSINYA BAGI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA

Muhammad Faqih (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan tipe-tipe karakter anak yang berhasildalam belajarnya, Orientasi karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Besarnyakonstribusi tipe karakter bagi keberhasilan belajar anak, dan strategi belajar suksesberbasis berkarakter. Metode kajian dilakukan dengan riset pustaka dengan menggunakanpendekatan kajian teoritis. Dari hasil kajian ditemukan empat jenis karakter yakni 1)karakter konflicated; 2) karakter kreatif; 3) karakter otonominatif; 4) karakter efikatif.Dengan tipe sebanyak 12 (dua belas) tipe karakter yakni: tipe sex, tipe emosional, tipemoral, tipe superior, tipe minat sosial, tipe lifestyle, tipebody, tipe ideal, tipe identitas, tiperegulasi, tipe efikasi diri, tipe efikasi sosial. Masing-masing tipe memiliki satu orientasikarakter. Dari orientasi karakter tersebut kemudian akan diukur tingkat kecenderunganmasing-masing pada orientasi belajar dan berapa persen kontribusi tip karakterbagikeberhasilan belajar anak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...