Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur
Vol 2 No 02 (2016): PHASTI: Oktober 2016

PEMBUATAN PERMAINAN ARITMATIKA RODA PUTAR ANGKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

Muhammad Anshari (Program Studi Teknik Informatika Politeknik Hasnur)
Muhammad Agie Bhakti Pramono (Program Studi Teknik Informatika Politeknik Hasnur)
Wahyu Ridhoni (Program Studi Teknik Informatika Politeknik Hasnur)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Kelas 3 SD merupakan awal mula pembelajaran operasi hitung aritmatika dasar yaitu penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Seiring dengan majunya perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran harus memiliki metode tersendiri agar dapat menarik minat dan membantu siswa dalam proses pembelajaran. Perancangan permainan edukasi “Aritmatika Roda Putar Angka” yang dibuat menggunakan Aplikasi Adobe FlashCS6 yang ditujukan sebagai media pembelajaran aritmatika dasar yang bertujuan agar khususnya anak kelas 3 SD lebih tertarik minatnya dan membantu siswa untuk lebih mengenal pelajaran operasi hitung aritmatika dasar. Waterfall digunakan sebagai metode penelitian, mulai dari tahap analisis, desain sistem, koding dan pengujian program. Hasil penelitian yang diperoleh adalah permainan Aritmatika Roda Putar Angka dengan materi awal ajaran matematika pada kelas 3 SDyang mencakup operasi hitung penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Kata Kunci: Adobe Flash, Aritmatika Dasar, Matematika, Permainan Edukasi, Sekolah Dasar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pha

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering

Description

Phasti menerbitkan jurnal tentang berapa aspek teknik informatika dasar dan terapan. Phasti memiliki cakupan yang luas, menerima submission dari berbagai disiplin ilmu teknik informatika untuk mempublikasikan hasil studi teoritis dan eksperimental Intelligent decision support systems Education ...