Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Volume 1 Nomor 1 April Tahun 2016

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA

Jaya, Indra (Unknown)
Jumailiyah, Jumailiyah (Unknown)
Suhadi AR, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2016

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan mengingat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014 ?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka Tujuan Penelitian adalah Ingin Mengetahui Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan mengingat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014.” Teknik penentuan dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 46 siswa. Metode pokok pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan uji statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis data dan pembahasan pada bab IV dapat disimpulakan bahwa Ada Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengigat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014. Sehingga dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu: nilai thitung sebesar 8,515 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db=45 adalah 2,014 atau (8,515>2,014). Kenyataan ini menunjukan bahwa nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar daripada ttabel, dengan demikian Ha yang berbunyi Ada Efektivitas Penggunaan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengigat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2013/2014.Kata kunci : Metode Gallery Walk, Kemampuan Mengingat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...