Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Volume 3, Nomor 2 Tahun 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU

Herianto Herianto (IKIP Mataram)
Endah Resnandari Puji Astuti (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Hasil belajar merupakan hal pokok dalam dunia pendidikan namun dalam proses pembelajaran di SMPN 1 Praya Timur hasil belajar siswa berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah guru masih menggunakan model pembelajaran konvesional dan monoton sehingga siswa kurang berpatisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Atas dasar itu, peneliti mengambil alternatif lain dengan menerapkan Model Pembelajaran Question Students Have. Untuk itu tujuan penelitian untuk menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII di SMPN 1 Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik yang digunakan dalam menentukan populasi dan sampel adalah teknik Random Sampling karena jumlah populasi yang lebih dari 100. Sampel yang digunakan berjumlah 48 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunaka metode tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test. Setelah penelitian dilakukan, data hasil penelitian dimasukkan kedalam tabel kerja, kemudian dimasukkan kedalam rumus. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db=48-2=46 (2,065>2.013). Sehingga penelitian ini dinyatakan signifikan. Dan berdasarkan penemuan penelitian, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka, dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu kelas VIII di SMPN 1 Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini“signifikan”. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Question Students Have, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...