Aksioma
Vol. 3 No. 1 (2014)

PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 PALU

Hadi Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana tingkat keaktifan dan hasil belajar peserta didik apabila diterapkan cooperative learning tipe make a match pada materi pecahan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Palu tahun pelajaran 2009/2010 dengan subjek penelitian berjumlah 22 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan indikator keaktifan peserta didik yang digunakan indikator ketepatan menemukan pasangan paling banyak diminati sebaliknya indikator tentang mengajukan tanggapan/ pertanyaan pada guru paling rendah terutama pada siklus satu tindakan 1 yang hanya mencapai 4,55%. Untuk hasil belajar menunjukkan peningkatan yang signifikan, pada siklus satu mencapai rata-rata 77,43 dengan rata-rata ketuntasan klasikal 86,36%%, sedangkan pada siklus dua mencapai rata-rata 82,77 dengan rata-rata ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian peningkatan keaktifan berbanding positif dengan peningkatan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan, hal ini menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: keaktifan peserta didik, make a match, hasil belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...