Aksioma
Vol. 3 No. 1 (2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Febi Renico Selvia (Universitas Sriwijaya)
Darmawijoyo (Universitas Sriwajaya)
Muhammad Yusuf (Universitas Sriwajaya)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa selama pembelajaran pemodelan matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembela­jar­an pemodelan matematika menggunakan pendekatan konstrukti­visme di kelas VIII SMP. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Palembang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, video rekaman, dan wawancara. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pemodelan matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme berkategori baik dengan rata-rata sebesar 71,30 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diperoleh sebesar 74,54 juga berkategori baik. Kata-kata kunci: pemodelan matematika, konstruktivisme

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...