Aksioma
Vol. 3 No. 2 (2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN BENTUK ALJABAR DI SMP ALKHAIRAAT 1 PALU

Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pem­belajaran langsung yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada perkalian bentuk aljabar. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengacuh pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian bentuk aljabar adalah, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran langsung, yakni: (1) guru menyampai­kan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) guru membahas kembali materi prasyarat dan menyajikan materi kepada seluruh siswa mengenai materi melalui media papan tulis dengan menggunakan metode demonstrasi, (3) guru membimbing pelatihan dengan membentuk kelompok belajar dan mem­bagikan LKS, (4) guru mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk mem­presentasikan hasil pekerjaan kelompok mereka didepan kelas, dan (5) guru memberikan soal latihan kepada siswa yang dikerjakan secara individu tanpa dibimbing oleh guru. Kata kunci: Pembelajaran Langsung; Hasil Belajar; Perkalian Bentuk Aljabar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...