Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Vol 3 No 2 (2021): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMA

Faderina Komisia (Unknown)
Maria Benedikta Tukan (Universitas Katolik Widya Mandira)
Maria Aloisia Uron Leba (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa SMA dan mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran yang berbasis kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Seminari St. Rafael, Oepoi, Kupang. Desain Penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar Siswa, dan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan kontekstual. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh pakar dan kemudian diujicobakan. Variabel yang diidentifikasi adalah validitas dan respon siswa terhadap perangkat yang telah dikembangkan. Capaian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa RPP, LKS, dan BAS berkategori baik. Selain itu, respon siswa sangat positip.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Other

Description

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance ...