Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1 Edisi April 2017

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COPERATIVE LEARNING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MATARAM

Mustamiin M. Zainal (Prodi Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Mataram)
Elias Sumirna (Prodi Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran cooperative learning merupakan suatu model pembelajaran yang digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa. Tanggung jawab merupakan memberikan intensitif kepada siswa untuk saling membantu satu sama lain dan untuk saling mendorong melakukan usaha yang maksimal. Tanggung jawab rendah akan membawa dampak kurangnya bekerja sama antara teman dalam satu kelompok. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini  apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning  Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Populasi pada penelitian ini ini adalah 64 orang siswa dan sanpelnya 7 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 9, 142 dan setelah dikonsultasikan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan d.b 6 diperoleh 2,447 ini berarti bahwa t-hitung > t-tabel (9,142 > 2,447), maka diambil kesimpulan ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Sikap Tanggung jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Artinya hasil penelitian ini signifikan. Kata Kunci: Cooperative Learning dan Sikap Tanggung Jawab

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...