Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019

PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KECEMASAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Riska Ayu Maningrum (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram)
H. M. Syarafuddin (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Kecemasan belajar yang dialami siswa di sekolah dapat membuat siswa merasa tidak percaya diri  sehingga mengalami kesulitan dan hambatan yang berakibat pada pencapaian prestasi yang tidak sesuai dengan harapan, akan menimbulkan rasa takut tidak akan berhasil meraih apa yang diinginkan, seperti rasa takut gagal serta rasa takut tidak lulus, agartingkat kecemasan belajar siswa dapat menurun, maka siswa perlu diberikan arahan melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Teknik Role Playing terhadap Kecemasan Belajar Pada Siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-test and post-test group. Populasi dalam penelitian sebanyak 227 orang siswa dan sampel sebanyak 20 orang siswa yang memiliki kecemasan belajar tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kecemasan Belajar Pada Siswa, dimana nilai thitunglebih besar dari pada nilai ttabelsebesar 2.185 dan nilai ttabelpada taraf signifikan 5% dengan 2.103, jadi thitung lebih besar dari pada  ttabelyaitu 2.185 > 2.103. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya: Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kecemasan Belajar Pada Siswa Kelas VIII  di SMPN 2 Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, maka hasil penelitian ini dinyatakan signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...