Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1 Edisi April 2019

PENGARUH KONSELING BEHAVIORISTIK TERHADAP ZOOPHOBIA PADA SISWA SMPN 11 MATARAM

Willy Hermawan Aprian (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Mataram)
Farida Herna Astuti (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Mataram)
Eneng Garnika (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat ketakutan pada diri siswa terhadap cicak seperti hilangnya kendali siswa seperti adanya detak jantung berdebar lebih keras, keluarnya keringat yang berlebih, muka memerah, tangan mengepal erat. Hal tersebut menimbulkan dampak buruk bagi diri siswa, permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan konseling behavioristik, yaitu menekankan pada tingkah laku siswa terhadap ketakutannya pada cicak untuk membantu mencari solusi pada permasalahan yang dihadapi siswa, sehingga siswa dapat membantu dirinya dalam menghilangkan phobia terhadap cicak agar berfungsi secara efektif dengan menggunakan konseling kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019” dan tujuan dalam penelitian ini “Ingin Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 168 siswa, sampel yang digunakan adalah 12 orang siswa dari Kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 7,908 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 11 sebesar 2,201. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (7,908>2,201), sehingga dapat disimpulkan Ada Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Zoophobia Pada Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan Signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...