Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 1 (2016): Volume 1 Nomor 1 Edisi April 2016

EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK METAFORA BERBENTUK HEALING STORIES UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA SMA

Hasrul Wahid (Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Kie Raha Ternate, Maluku Utara)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah rendahnya efikasi diri akademik siswa pada mata pelajaran matematika. Siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah, akan tampak kurang percaya diri, meragukan kemampuan akademiknya, tidak berusaha mencapai nilai tinggi, menghindari tugas-tugas sulit, dan usaha kurang optimal dalam pelajaran matematika. Sebaliknya, apabila efikasi diri siswa meningkat, akan membuat mereka lebih mudah dan lebih merasa mampu untuk mengerjakan soal-soal matematika yang dihadapinya, bahkan soal matematika yang lebih rumit sekalipun. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories dalam meningkatkan efikasi diri akademik siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test, post-test group control design.  Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Kota Batu yang mengalami masalah rendah efikasi diri akademik pada mata pelajaran matematika yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 10 orang  kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik non parametrik yaitu uji Two Independent Sample Test Mann Whitney U. Hasil uji statistik menunjukkan nilai mean (14.90 > 6.10). Sedangkan output “test statisticᵇ” Z hitung lebih besar dari Z tabel yaitu (-3.329 > 0,05) dan nilai Sig. (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0,001, atau probabilitas di bawah 0,05 (0,001 < 0,05). Hasilnya Ho ditolak, atau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories efektif menigkatkan efikasi diri akademik siswa SMA pada mata pelajaran matematika. Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Metafora, Healing Stories, Efikasi Diri

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...