Konseling rational emotive therapy merupakan aliran psikoterapi yang berlandaskan asumsi bahwa manusia dilahirkan dengan potensi, baik untuk berpikir rasional dan jujur maupun berpikir irasional dan jahat. Sikap sensitif merupakan orang yang mampu mengenali serta menyadari orang lain dan lingkungan sekitarnya. Kenyataannya terhadap siswa yang memiliki sikap sensitif seperti, selalu membutuhkan waktu sendiri, memiliki tingkat kecemasan yang lebih besar, dan sangat mudah terbawa perasaan. Hal itu tidak akan terjadi apabila guru di sekolah dapat memaksimalkan pemberian layanan konseling. Yaitu dengan teknik rational emotive therapy. Rumusan masalah: Apakah Ada Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimental dengan konsep One-Group Pretest-Posttes Design. Sampel berjumlah 7 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai thitung sebesar 4.321 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N=6 sebesar 2.447. dengan demikian nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel ( 4.231 > 2.447 ) dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (HO) ditolak dan (Ha) diterimah. Kesimpulannya adalah Ada Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2019