Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019

PENGARUH TEKNIK RASIONAL EMOTIVE THERAPY (RET) TERHADAP SIKAP SENSITIF PADA SISWA TUNARUNGU DISEKOLAH INKLUSI SMK NEGERI 5 MATARAM

Wiwin Fitria Ningsih (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram)
Ni Ketut Alit Suarti (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram)
Wiwiek Zainar Sri Utami (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Konseling rational emotive therapy merupakan aliran psikoterapi yang berlandaskan asumsi bahwa manusia dilahirkan dengan potensi, baik untuk berpikir rasional dan jujur maupun berpikir irasional dan jahat. Sikap sensitif merupakan orang yang mampu mengenali serta menyadari orang lain dan lingkungan sekitarnya. Kenyataannya terhadap siswa yang memiliki sikap sensitif seperti, selalu membutuhkan waktu sendiri, memiliki tingkat kecemasan yang lebih besar, dan sangat mudah terbawa perasaan. Hal itu tidak akan terjadi apabila guru di sekolah dapat memaksimalkan pemberian layanan konseling. Yaitu dengan teknik  rational emotive therapy. Rumusan masalah: Apakah Ada Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimental dengan konsep One-Group Pretest-Posttes Design.  Sampel berjumlah 7 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai thitung sebesar 4.321 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N=6 sebesar 2.447. dengan demikian nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel ( 4.231 > 2.447 ) dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (HO) ditolak dan (Ha) diterimah. Kesimpulannya adalah Ada Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...