Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2 Edisi Oktober 2019

PENGARUH TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP HARGA DIRI PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Hariadi Ahmad (Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Mataram)
Yolana Oktaviani (Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Harga diri merupakan satu kesatuan dalam kebutuhan manusiauntuk menilai dirinya sebagai sesuatu yang positif maupun negative. Harga diri yang positif akan membangkitkan rasa percaya diri, penghargaan diri, rasa yakin akan kemampuan diri, rasa berguna, serta rasa bahwa kehadirannya diperlukan di dunia ini. Sebaliknya, harga diri yang negative akan cenderung merasa bahwadirinya tidak mampu dan tidak berharga, cenderung takut menghadapi respon dari orang lain, tidak mampu membina komunikasi yang baikdan cenderung merasa hidupnya tidak bahagia. Harga diri (self esteem) yang rendah akan digambarkan dengan sikap yang negatif yang cendrung menunjukan keadaan individu lemah yang mengarahp ada kesimpulan tidak berhargadan merasa tidak dapat berpengaruh pada orang lain. Harga diri dapat ditingkaktan dengan membentuk sikap dan perilaku yang salah satunya dapat diterapkan melalui konseling kelompok dengan teknik self instruction. Konseling kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada konseli secara kelompok untuk menciptakan dinamika dalam kelompok agar konseli menjadi mandiri. Sedangkan self instruction adalah salah satu teknik di dalam pendekatan Cognitive Behavior Therapy yang bertujuan untuk membentuk ulang pola-pola kognitif, asumsi-asumsi, keyakinan-keyakinan, dan penilaian irasional, merusak dan menyalahkan diri sendiri menjadi lebih realistis. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh teknik self instruction terhadap harga diri siswa kelas XI di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2018/2019?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari teknik self instruction terhadap peningkatan harga diri siswa kelas XI di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner harga diri dan wawancara sebagai metode pokok serta metode dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-hitung 2,569 lebih besar dari t-tabel 2,365 dengan taraf sifnifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik self instruction terhadap peningkatan harga diri siswa kelas XI di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2018/2019 sehingga penelitian ini dapat dikatakan  “signifikan”.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...