Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 1 (2016): Volume 1 Nomor 1 Edisi April 2016

KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA AUTISMA DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH FORMAL

RAYANI DEWI (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling, FIP IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kemampuan sosial  siswa autisma dalam lingkungan sekolah formal di SDN 1 Sumbersari Malang, yang mana sekolah ini merupakan sekolah inklusi yang menerima anak berkebutuhan khusus.Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode kualitattif deskriftif , karena penelitian ini menjelaskan keadaan fenomena di lapangan yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel  dalam penelitian ini berjumlah 3 orang, sedangkan analisa data dalam penelitian ini ini menggunakan teknik deskriftif yaitu berusaha memaparkan hasilpenelitian sebagaimana mestinya sesuai dengan data yang dikumpulkan kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan dengan membandingkan keadaan yang ada dilapangan dengan standar buku yang diacu  pada teori yang ada. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan interaksi sosial siswa atutisma dalam lingkungan sekolah formal cukup baik, mereka mampu mengimitasi teman bermainnya, melakukan komunikasi dua arah, mematuhi perintah guru tanpa membantah , menyapa orang lain dan mampu menyebutkan nama teman sekelasnya. Kata Kunci : Intraksi Sosial, Sekolah Formal

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...