Abstract: Penelitian ini bertujuan bukan sekedar mengesahkan asumsi peneliti, namun, lebih pada tujuan dari penelitian, yaitu: Mengetahui Bagaimana pelakasanaan Pendidikan Inklusif di lembaga Paud Al-Khair Udayana di Kota Mataram. Sehingga mampu membuat pemikir/pendidik pendidikan anak usia dini bersikap aktif untuk mengarahkan agar peserta didik mampu mengaktualisasikan pemnbelajaran yang berpusat pada anak dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkatkan potensi pada diri anak. Model penelitian dilakukan berdasarkan penyusunan data menurut Miles dan Huberman, tahapan yang dilalui yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian. Penelitianini bukan sekedar bertujuan mengesahkan asumsi peneliti, namun, lebih pada tujuan dari penelitian, yaitu: Mengetahui Bagaimana pelakasanaan Pendidikan Inklusif di lembaga Paud Al-Khair Udayana Mataram? Tahapan yang sudah dilaksanakan selama penelitian berlangsung, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga Paud Al-Khairiyah belum maksimal dalam penerapan pembelajaran pendidikan inklusif bagi anak ABK dikarenakan masih kurannya tenaga profesional, masih harus menggali konpetensi keperibadian, konpetensi sosial dan konpetensi pedagogik serta melakukan sosialisasi atau pelatihan tentang pentingnya pendidikan inklusif untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus.Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus.
Copyrights © 2017