Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2 Edisi Oktober 2017

PENGARUH MEDIA DESAIN GRAFIS BERBASIS ADOBE PHOTOSHOP TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS

Sakti GUNAWAN Hadi (Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2020

Abstract

Rumusan Masalah Penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas X jurusan Multimedia di SMK NW Kembang kerang Kabupaten Lombok Timur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis data statistic uji perbedaan rata-rata hitung dengan rumus t- test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitin ini adalah t-hitung 4,434 dan t-tabel 2,103 dengan demikian t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,434> 2,103) dengan taraf signifikansi 5%, ini berarti Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan ada Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Media pembelajaran, Kreativitas Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...