Peranan orang tua begitu besar dalam membantu anak agar dapat melakukan aktifitas sehari-hari dalam membantu dirinya. disinilah kepedulian orang tua sebagai guru yang pertama dan utama bagi anak-anak, karena masih banyak ditemukan masalah tentang peserta didik yang memiliki konsep diri yang sangat positif sehingga belum mampu mengendalikan perilaku agresif mereka dalam belajar, adapun masalah-masalah yang muncul seperti:mengikuti semua kegiatan ekstrakulikuler sehingga waktu luang untuk bermain tidak ada, memaksakan diri untuk belajar sampai larut malam sehingga waktu istirahatnya berkurang, selalu ingin mendapatkan prestasi yang baik contohnya: siswa cari muka didepan bapak/ibu guru, selalu ingin mendapatkan prestasi yang terbaik dari teman-temannya yang lain, sering meremehkan teman. Merasa diri paling pintar, beberapa siswa menghabiskan waktu luang hanya untuk belajar saja, tidak memiliki waktu untuk bermain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Agresif Belajar Siswa di MTs. Asy-Syfi’iyah Bendung Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Agresif Belajar Siswa di MTs. Asy-Syfi’iyah Bendung Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs. Asy-Syafi’iyah Bendung dengan jumlah 100 siswa, sampel yang digunakan berjumlah 50 siswa, diberikan angket pre-test maka diperoleh sampel yang akan diberikan treatment adalah 10 siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode angket sebagai metode utama dan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Sesuai dengan hasil perhitungan t-hitung yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan 5.253. Sedangkan nilai t-tes dalam table dengan db (N-1) = 10-1 = 9 dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5% = 2.262. Sehingga hasil yang diperoleh dalam penelitian ini t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (5.253 > 2.262) dengan demikian kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Ada Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Perilaku Agresif Belajar Siswa di MTs. Asy-Syfi’iyah Bendung Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “Signifikan”.
Copyrights © 2018