Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2018)

KONTRIBUSI RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA

Luvy Sylviana Zanthy (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2018

Abstract

AbstrakPenelitian  ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan  antara resiliensi matematis dengan kemampuan  akademik  mahasiswa pada mata kuliah Statistika Matematika. Penelitian ini didasari oleh capaian akademik pada mata kuliah Statistika Matematika yang tergolong rendah. Mahasiswa merasa kesulitan dan mudah menyerah dalam menyelesaikan soal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah  metode survey  dengan  teknik  korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program  studi  pendidikan  matematika  IKIP Siliwangi,  sampel  penelitian  diambil  dengan  teknik purposive  sampling sebanyak  30 orang mahasiswa  yang mengambil mata kuliah Statistika Matematika. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes uraian kemampuan akademik dan soal non tes berupa skala resiliensi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat  hubungan  yang positif antara resiliensi matematis dengan kemampuan  akademik  mahasiswa,  dengan kontribusi resiliensi matematis sebesar 48,5 %  terhadap kemampuan akademik mahasiswa. AbstractThe aims of this study was to determined the relationship between mathematical resilience with academic ability of students' in Mathematics Statistics. This research is based on low academic achievement of students in Mathematics Statistics course. Students find difficulty and easily give up in solving the problem. The method used in this research is survey method with correlation technique. Population in this research is all student in study program of mathematics in IKIP Siliwangi, research sample is taken by purposive sampling technique as many as 30 students who take on Mathematics Statistics course. The Instruments in this study are test description of academic ability questions and non test questions in the form of mathematical resilience scale. The results showed that there was a positive correlation between mathematical resilience and student's academic ability, with mathematical resilience contribution of 48,5% to student's academic ability.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...