JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance.
Vol 2, No 2 (2020)

STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN PRODUK TABUNGAN EMAS PADA PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG BANDA ACEH

Sarini Syarifuddin (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry)
Muhammad Yasir Yusuf (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry)
Yulindawati Yulindawati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian dari penelitian lapangan diperoleh melalui interview (wawancara) dan dokumentasi yang bersumber dari penelitian kepustakaan berupa buku bacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda, memberikan informasi cukup memuaskan melakukan segmentasi berupa sosialisasi semua kalangan masyarakat dengan target pasar melakukan literasi (pengenalan) produk tabungan cicilan emas kepada masyarakat, kantor dan sekolah, serta berhubungan dengan bauran pemasaran di antaranya produk, harga, promosi dan tempat. Dari strategi marketing tersebut paling baik adalah literasi (pengenalan) produk tabungan emas kepada masyarakat, sehingga banyak diminati oleh kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) dan pegawai non PNS.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance publishes research articles of interest to Islamic Banking, Insurance/ Takaful, Islamic Accounting, Business Ethics and Legal Issues, Work Ethics, Islamic Work Ethics, Islamic Corporate Social Responsibility, Islamic Financial management, ...