ABSTRACTAdvances in technology can make it easier to preach in a greater reach, especially with social media. Instagram is one of the social media that is currently being used by campaigners. Al Irsyad Mosque in Surabaya is one of the mosques that has an Instagram account and uses the vidgram feature as a medium for preaching. This study aims to determine the management of video features and their impact on the development of da'wah at Masjid Al Irsyad Surabaya. The method used in this research is observation, interview, and documentation. The data analysis was performed using a qualitative descriptive method. The results showed that the Al Irsyad Mosque has made good use of the vidgram feature, so that it can increase the number of congregants and followers, likes, comments, and viewers of its Instagram account.ABSTRAKKemajuan teknologi dapat memberikan kemudahan berdakwah dalam jangkauan yang lebih besar, khususnya dengan media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini sedang marak digunakan oleh para pegiat dakwah. Masjid Al Irsyad Surabaya adalah salah satu masjid yang memiliki akun Instagram dan memanfaatkan fitur vidgram sebagai media dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan fitur vidgram dan dampaknya terhadap perkembangan dakwah Masjid Al Irsyad Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Al Irsyad telah memanfaatkan fitur vidgram dengan baik, sehingga dapat meningkatkan jumlah jama’ah maupun followers, likes, comment, dan viewers akun Instagramnya.
Copyrights © 2020