Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 2, No 2 (2016): Tarbawi Khatulistiwa

PENGARUH METODE BRAINSTORMING GROUP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERILAKU TERPUJI DI KELAS XI SMA NEGERI 8 PONTIANAK

Elin B Somantri (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran masih sangat rendah. Tujuan penelitian secara umum adalah mengetahui tentang: Pengaruh Metode brainstorming group Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Perilaku Terpuji di Kelas XI  SMA Negeri 8 Pontianak.          Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian di SMA Negeri 8 Pontianak dengan jumlah sampel untuk masing-masing kelas 32 untuk kelas XI BI dan 27 untuk kelas XI BIII dengan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik non partisipan, dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa angket, pedoman tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah normalitas data, rumus presentase dan uji regresi.          Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Aktivitas belajar siswa kelas eksprimen (XI BIII) sebelum diterapkan metode Brainstorming Group mencapai nilai 48,14 dengan kategori kurang tinggi, 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming Group pada siswa kelas XI Negeri 8 Pontianak sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan, 2) Aktivitas belajar siswa untuk kelas control (XI BI) setelah diterapkan metode ceramah mencapai nilai 74,05 dengan kategori tinggi dan aktivitas belajar siswa kelas eksprimen (XI BIII) setelah diterapkan metode Brainstorming Group mencapai nilai 85,15 dengan kategori sangat tinggi dan 3) Pegaruh penggunaan metode Brainstorming Group terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak, ditunjukkan dengan Nilai t hitung > t tabel (2.222 > 2,000) maka Ho ditolak. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (2.222 > 2,000) maka Ho ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara metode pembelajaran  Brainstorming Group dengan aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

TaK

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam ...